batu-kecubung

Misi cari Batu kecubung di kalimantan tengah

Kota Palangkaraya

pertama kali mendarat di kalimantan ialah di Kota palangkaraya ibukota Provinsi kalimantan tengah wah seneng rasanya bisa melihat keindahan kota ini, palangkaraya memang luas tapi kota nya kecil dan keramaian keindahan tata ruang kotanya masih terpusat daerah dekat Balaikota tapi lumayan indah lah jadi kalo mau lihat keindahan kota ini atau malah jalan-jalan tuh ga pusing muter jauh-jauh , Kota palangkaraya ini masih dikelilingi hutan yang masih alami yang bikin suasana sejuk, ngomong – ngomong masalah makan disini tidak banyak yang aneh kerasa di surabaya deh karena mayoritas yang jualan itu orang-orang jawa jadi yang dijual seperti soto lamongan, pecel lele, penyetan, dan dll yang aku cari-cari ga ada tuh cuman Nasi pecel madiun doang.

Kota PalangkarayaKota Palangkaraya
DPRD Kalteng

DPRD Kalteng

Sore hari jalan-jalan dikota wah lumayan rame apalagi pas masuk dipasar-pasar tradisional lihat cari oleh-oleh dan souvenir karena kalo disini tidak ada mall besar cuman ada satu PALMAL (Palangkaraya mall) itu pun tidak gede. Oleh2 khas sini seperti batik asli kalteng yang bagus banget deh, terus batu-batu permata dan kerajinan tangan asli daerah sini, dan makanan ringan seperti krupuk pipih dan amplang lumayan enak karena ini yang aku beli.

Bunderan Kota Palangka

Bunderan Kota Palangka

Sudut palangka

Sudut palangka

Tapi sayang beberapa hari disini tidak bisa melihat keindahan kota pada malem hari karena tiap malem hampir ada pemadam listrik sampai tengah malem, huhhhh sayang banget ga bisa jalan-jalan.

Kota sampit

Wah perjalan berikutnya aku bisa merasakan suasana kota yang dulu pernah memanas dengan Konflik SARA yaitu kota Sampit kota ini merupakan ibukota dari Kab Kotawaringin Timur yang berada sekitar 400km arah barat dari palangkaraya. Wah kota kecil ini juga memang indah dan tata ruang kota sudah bagus banget jadi tidak kumuh alias rumeuk sareukseuk, perjalanan ke kota ini ditempuh sekitar 6-7 Jam kendaraan umum pun cuman Bis Travelan itupun jadwal hanya pagi dan sore hari jadi kalo bis dah penuh yang menunggu hari besok deh. Tapi yang bikin senang perjalanan ini melewati Hutan-hutan yang masih alami dan kebun-kebun sawit sejuk rasanya bisa melepas kerinduan pada kampung halaman, dan bisa melihat pemandangan indahnya belantara kalimantan yang masih hijau.

Kota Sampit

Kota Sampit

Tugas dikota ini memang sebentar jadi ga sempat jalan-jalan merasakan suasana kota, Wah masalah makanan sama tidak yang aneh kaya palangkaraya.

Kota Pangkalan Bun

Wah perjalanan berikutnya tambah kearah barat dari palangkaraya jaraknya pun ditempuh dengan waktu 12 jam dari palangkaraya wah memang menuju kota ini begitu melelahkan karena harus melewati hutan-hutan dan bukit apalagi ditambah jalannya yang masih jelek dan sempit yang bikin badan sakit. Pangkalan Bun ini merupakan Ibukota dari Kab Kotawaringin Barat jujur pas masuk kota ini tidak menyangka karena begitu indahnya kota ini tata ruang sudah rapih belum lagi kotanya bersih malah kalo saya bandingkan dengan kota palangkaraya yang merupakan ibukota provinsi masih kalah deh,memang sempet ngobrol ama orang sini kota kecil ini memang kaya dan sumber PAD provinsi karena kota ini merupakan pusat pelabuhan masuk ke kalimantan tengah (red) pantesan deh tertata rapih bersih cocok dengan sebutan kota ini (Kota Manis). Apalagi disini ada taman yang bagus banget namanya Taman Kuning memang taman ini penuh dengan corak warna kuning mulai dari pagar sekeliling sampai tiang lampu pun kuning, kota pangkalan Bun lumayan panas juga udaruanya karena memang dekat pelabuhan.

Taman Kuning

Taman Kuning

Indah

Indah

Bunderan

Bunderan

Nah di kota ini pusat oleh-oleh yang bagus khas kalimantan yang aslinya dari sini yaitu batu permata kecubung, sempat keliling-keliling lihat-lihat batu kecubung ini huuuhh bagus banget deh asli!!. Mulai dari cincin, gelang malah kalung yang banyak didesign dengan bagus sampai-sampai mau beli buat oleh-oleh aja bingung tapi yang pastimah bingung buat belinya hehehe, memang sih lumayan agak mahal-mahal maklum mungkin nyarinya susah karena ini bukan barang imitasi alias dicampuran dengan tanah ato dsb…..

Toko permata

Toko permata

Jadi kalo teman-teman yang sempat main ke kalimantan jangan lupa deh batu kecubung asli kota pangkalan bun nya dijamin bagus.

Kota Banjarmasin

Perjalanan yang paling menyenangkan adalah ketika bisa ke kota Banjarmasin, kota ini memang sudah besar dan rame banget karena kota ini sudah maju perekonomiannya karena kota ini merupakan Ibikota provinsi dari Kalimantan Selatan, mulai tata kota nya juga bagus banget malah disini, malah kalo di Banjarmasin mah transportasi pun sudah banyak tidak susah seperti daerah lainnya.ya cocok dengan sebutannya Banjarmasin Bungas alias banjar Cantikkkk.

Banjar

Banjar

Wah di Banjarmasin tidak sempat merasakan suasana malemnya karena beberapa hari disana sering terjadi pemadaman tiap malem jadi yah yang terasa hanyalah suasana hening malam yang gelap padahal jam baru jam 7 malem tapi ya gitu disana lagi krisis energy listrik…

Kalsel

Kalsel

Wah di Banjarmasin aku ga sempat banget cari sesuatu malah mau jalan-jalan aja ga bisa karena harus muter-muter tugas ke daerah Bajarbaru dan Martapura

Kota Martapura

Wah sempat juga ke daerah martapura walau hanya sejenak tapi lumayan lah dulu cuman pernah denger namanya aja, Kota ini memang cantik dan asri banget sudah bersih rapi tidak kaya bandung berserakan sampah dimana-mana hehehe.

Marta Pura

Marta Pura

Kota Martapura

Kota Martapura

Martapura indah

Martapura indah

Kota ini memang terkenal dengan penghasil Intan berliannya yang kualiatasnya bagus yang sudah terdengar kemana-mana. Tapi saying deh ga sempat jalan-jalan jadi aja ga tau seperti apa Intan berlian sana yang bagus.

Kota Muara teweh

Merupakan Ibukota kabupaten Barito utara masuk ke Kalimantan Tengah paling utara dari palangkaraya mencapai kota ini harus menempuh sekitar 20 jam lewat darat kebetulan tidak ada jadwal pesawat perjalanannya pun harus melewati hutan dan muter ke Kal-sel.

Belah Duren Muara teweh

Belah Duren Muara teweh

Yang pasti kota kecil ini bagus juga karena sudah tertata, kota ini memang kaya dengan tambangnya diantaranya batu-bara.

Yang paling seneng kota ini terkenal dengan Durian nya tapi sayang ga suka ama durian, karena kalo disana pusatnya durian jadi kalo mau beli durian itu murah apalagi kalo beli banyak katanya sekitar 2000 an….wah kagak salah tuhhhh memang murahhhh dehhh. Kalo aja ga jauh mungkin aku beli buat oleh-oleh tapi berat dan susah bawanya…

Bunderan1

Bunderan1

good

good

**********************

Yang pasti cerita yang ku tulis ini bukan berarti ndeso / kampungan ya ini hanya berbagi cerita doankkk wankkkk.

Yang pasti setelah ku banding kan daerah sana lebih bersih dari Kota tercinta Kota Bandung, bersih dari sampah bersih dari PKL yang berserakan!!!. Kapan ya bandung bisa bersih seperti daerah lain???.

***