November 2008


Materi kuliah : statistik dan probabilitas
Dosen : Bpk Supriyoko Pramono, S.Kom, MM

Bagi yang pengen lengkap donlot aj disini yahhh

Pengertian Statistik dan Probabilitas

Pendahuluan

Mata kuliah statistika bagi mahasiswa sangat diperlukan terutama ketika seorang mahasiswa harus mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterprestasikan data untuk pembuatan skripsi, thesis atau disertasi. Dalam hal ini pengetahuan statistik dipakai dalam menyusun metodologi penelitian.

Sebagai suatu ilmu, kedudukan statistika merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika terapan. Oleh karena itu untuk memahami statistika pada tingkat yang tinggi, terebih dahulu diperlukan pemahaman ilmu matematika.

Dinegara maju seperti Amerika, Eropa dan Jepang, ilmu statistika berkembang dengan pesat sejalan dengan berkembangnya ilmu ekonomi dan teknik. Bahkan kemajuan suatu negar (lebih…)

Pikiran terpecah berkeping-keping

Seperti itulah ungkapan yang cocok mengambarkan perasaan keseharianku pada saat ini, tapi ter lalu berlebihan yah tuh ungkapan. Terasa menjenuhkan memang sudah hampir dua bulan ini. Tiap hari tiap minggu tiap bulan memang sudah terbiasa kulakukan dengan aktifitasku sebagai seorang tukang kuli ditambah kuliah. Tapi pada saat ini aktifitasku begitu padat karena kesibukan ditempat kerja yang begitu bertumpuknya tugas-tugas kantor belum lagi harus melakukan tugas keluar kantor padahal dikantor tuh banyak juga tugasku yang kupusingkan disaat ini harus membuat laporan selama triwulan.huhhh.

Tapi itu semua sudah menjadi kewajibanku sebagai seorang karyawan yang harus kulakukan dengan sebaik mungkin karena memang disamping itu juga merupakan sebagai ibadah!. Dari senin sampai jumat adalah hari aktifitasku sebagai seorang abdi perusahaan, sekarang memang terasa (lebih…)

img_0588 Pengalaman satu tahun di Kota MetroPolis

Wah satu tahun sudah aku tinggal di kota pahlawan alias kota Surabaya, wah hidup diperantauan emang banyak suka dan dukannya sih disamping banyak pengalaman yang bisa gue dapetin, apalagi hidup didaerah orang banyak hal-hal baru yang bisa gue dapetin.

Dukanya hidup sendiri yang sangat jauh sekali dari keluarga dan orang tua wuh terkadang kalo lagi kangen ama ortu suka sedih juga deh, ya paling untuk melepas rasa rindu hanya lewat suara diudara, karena aku paling jarang pulang ke kampungku yah kemarin aja awal puasa baru bias pulang setelah hamper 10 bulan tidak pulang.

Wah hidup disini memang banyak hal baru yang aku bisa pelajari apalagi antara daerah asliku dengan disini berbeda budaya, tapi perbedaan budaya bukan lah menjadi halangan untuk bersosialisasi hidup bermasyarakat mengenal karekter kehidupan adat disini, apalagi tujuan ku untuk mencari rejeki he he he lumayan lah sambil belajar Budaya jawa. (lebih…)